Teks Laporan Hasil Observasi

    Assalamu'alaikun wr.wb.
Perkenalkan nama saya Shofia Rahmah S atau yang lebih dikenal dengan Sofia. Saya disini akan menjelaskan tentang Teks Laporan Hasil Observasi. 

Apakah kalian tau apa itu Teks Laporan Hasil Observassi? Apabila kalian masih bingung apa itu Teks Laporan Hasil Observasi, simak pembahasan tentang Teks Laporan Hasil Observasi.

  • Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi.

    Teks Laporan Hasil Observasi adalah teks yang menjelaskan informasi tentang sesuatu hasil karya ilmiah manusia(hasil pengamatan seseorang).

  • Struktur Teks Laporan Hasil Observasi.

  1. Pernyataan umum adalah bagian pembuka atau pengantar hal yang akan kita sampaikan.
  2.  Deskripsi bagian adalah uraian detail mengenai objek atau bagian-bagiannya.
  3. Deskripsi manfaat adalah uraian detail mengenai manfaat objek yang kita amati.

  • Kaidah kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi.

  1. Penggunaan fakta/frasa nomina.
  2. Pembentukan nomina dan verba terunan dengan afiksasi.
  3. Penggunaan kalimat definisi dan kalimat deskripsi
  4. Kalimat simplek dan kompleks.

  • Contoh Teks Laporan Hasil Observasi.
Pohon Mahkota Dewa


        Pohon Mahkota Dewa(Phaleria Macrocarpa) dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia, pohon Mahkota Dewa berasal dari Papua, Irian Jaya. Pohon Mahkota Dewa sering ditanam dipekarangan rumah, karena merupakan tanaman peneduh. Pohon Mahkota Dewa merupakan famili Thymelaeceae. Pohon Mahkota Dewa tumbuh subur didaerah dataran rendah hingga dengan ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Pohon Mahkota Dewa diklasifikasikan dalam1200 spesies yang persebarannya mencapai 67 negara.
    Tanaman Mahkota Dewa memiliki ciri-ciri: Akar pohon termasuk kedalam akar tunggang, batang pohon berwarna coklat agak kehijauan, daun berbentuk lonjong ujungnya runcing dan bertangkai pendek, Bunganya berwarna putih yang bisa tumbuh sepanjang tahun, Buahnya terbagi menjadi 4 bagian yaitu: kulit, daging, cangkang dan biji. Saat buah Mahkota Dewa masih muda warnanya adalah hijau, ketika buah sudah matang warnanya menjadi merah. Dagingnya berwarna putih terdapat kandungan air juga serat dan bijinya berbentuk bulat dan lonjong bertekstur kerass dan berwarna cokelat, sedangkan bagian dalam biji warnanya putih.
     Selain digunakan sebagai pohon peneduh, Pohon Mahkota Dewa juga memiliki manfaat lain seperti: meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi penggumpalan darah, mengurangi kadar resiko penyakit jangtung koroner, mengandung anti inflamasi(anti radang), membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan, sebagai anti histaman(anti alergi), melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

    Demikian yang bisa saya bagikan tentang Teks Laporan Hasil Observasi, semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Masjid Agung Kota Tasikmalaya

Microsoft Excel